-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IPSI Jawa Barat Apresiasi Tasyakuran Pencak Silat Padjadjaran ke-92

    Indate News
    28/12/20, Desember 28, 2020 WIB Last Updated 2021-08-08T02:37:52Z


    Kota Bogor | inibogor.com


    Perguruan Pencak Silat Padjadjaran Kota Bogor merayakan hari jadinya ke-92 secara seremonial di Pendopo Hegarmanah BNR, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Senin (28/12/2020).


    Tasyakuran ke-92 yang digagas oleh Putra Sungkawa selaku Dewan Pelatih Pencak Silat Padjadjaran Kota Bogor, acara berjalan dengan khidmat serta menerapkan protokol kesehatan ditengah situasi pandemi covid-19. Turut hadir para guru besar, dewan guru dan senior perguruan dari berbagai wilayah kota dan kabupaten.


    Wakil Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat, H. M. Helmi Sutikno mengapresiasi tasyakuran Pencak Silat Padjadjaran ke-92. Menurutnya, sosok tokoh muda saudara Putra Sungkawa dari Perguruan Pencak Silat Padjadjaran berupaya mengangkat kembali nama besar guru besarnya yaitu bapak Almarhum H. Muhammad Sidiq Sakabrata.


    "Dalam rangka ulang tahun yang ke-92, beliau mengundang dari beberapa perguruan silat yang ikut hadir turut serta pada tasyakuran hari ini. Tentu luarbiasa, dari mana mana kita kumpul semua mulai dari Jakarta, Cirebon, Purwakarta, Cianjur, Bogor dan Bandung. Saya titip pencak silat Bogor ini harus besar lagi," ucapnya.


    Ditempat yang sama, Dewan Pelatih Pencak Silat Padjadjaran Kota Bogor, Putra Sungkawa mengatakan, Perguruan Pencak Silat Padjadjaran ini berdiri pada tahun 1928 di Desa Sukaraja Kaum Bogor. Biasanya, acara tasyakuran dilaksanakan dengan menggelar berbagai macam kegiatan seperti turnamen, pertandingan laga atau festival pencak silat.


    "Karena tahun ini ada pandemi covid-19, jadi kita bentuk tasyakuran aja kumpul internal pengurus perguruan pencak silat padjadjaran dan beberapa perwakilan perguruan perguruan lain dengan dibatasi jumlah juga serta penerapan protokol kesehatan," ujarnya.


    Putra mengaku, tasyakuran ini salah satu wujud syukur sebagai penerus ilmu pencak silat dari para guru besar terdahulu. Disisi lain pihaknya juga terus mencoba untuk menggali potensi potensi pesilat baru serta terus melestarikan empat aspek yang ada di pencak silat yaitu seni dan budaya, olahraga, bela diri serta spiritual.


    "Alhamdulillah bahwa sampai hari ini kami bisa dan mampu membawa empat kategori atau aspek yang ada dalam pencak silat. Kami terus berusaha melestarikan ilmu ilmu tanpa tertinggal satu materi pun dari pada guru guru terdahulu. Apalagi sekarang telah berkumpul para senior senior yang dari dulu pernah menorehkan sejarah kejayaan silat di Kota Bogor dari mulai atlet nasional, atlet daerah, semua berkumpul dengan kondisi yang sangat sehat," imbuhnya.


    Putra menambahkan, dirinya mengapresiasi respon dan antusias dari perguruan perguruan lain yang sangat luar biasa turut mendukungan kajayaan Perguruan Pencak Silat Padjadjaran. Putra menegaskan, semua dukungan yang diberikan menjadi motivasi untuk terus membangun, mengembangan dan melahirkan pesilat pesilat terbaik di Kota Bogor.


    Masih kata Putra, diharapkan perkembangan Perguruan Pencak Silat Padjadjaran saat ini menjadi motivasi untuk perguruan perguruan lain agar mampu melahirkan pesilat pesilat terbaik dan menjadi perhatian.


    "Mudah mudahan kedepan bisa terus bertambah banyak bibit generasi penerus yang berkualitas di dunia persilatan khususnya di Kota Bogor sehingga mampu dan dapat membawa berbagai macam prestasi yang mengharumkan nama Kota Bogor," pungkasnya.


    (Fik)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +