-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    BMKG: Gempa M6,2 di Nias Jenis Dangkal akibat Aktivitas Zona Outerise

    Indate News
    26/05/22, Mei 26, 2022 WIB Last Updated 2022-05-26T00:46:56Z


    indate.net-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan penyebab gempa bumi Magnitudo 6,2 yang terjadi di Nias, Sumatera Utara, Rabu (26/5/2022). BMKG menyebut gempa itu adalah gempa dangkal akibat adanya aktivitas zona outerise.

    "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas zona outerise," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, dikutip dari keterangan resminya, Kamis (26/5/2022).

    Episenter gempa terletak pada koordinat 4,06° LS ; 93,57° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 828 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Sumatera Utara, pada kedalaman 10 km. Bambang mengatakan, hasil analisis menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip fault).

    Dampak gempa seperti guncangan berdasarkan laporan masyarakat dirasakan di wilayah Nias Selatan. Getaran dirasakan nyata dalam rumah atau terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.  "Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Bambang.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +