-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    PWI Jabar Kejar Target 1000 Wartawan Ikut UKW

    Indate News
    28/12/22, Desember 28, 2022 WIB Last Updated 2022-12-28T01:24:48Z


    indate.net-BOGOR - Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar kembali berkolaborasi melanjutkan rangkaian Road Show Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Sebelumnya Diskominfo bekerja sama dengan PWI sukses menggelar UKW  di Kota Bandung, November 2022.  Pada roadshow kali ini, lebih 100 jurnalis dari kawasan Bogor Raya mengikuti UKW Angkatan 53-54 dan 55 tahun 2022 di Hotel Salak Heritage, Kota Bogor, Selasa (27/12/2022). 

    Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum yang membuka UKW ini mengatakan, di era digitalisasi media harus mampu memproduksi berita yang memenuhi kualitas konten, kecepatan dan ketepatan.  Tuntutan tersebut hanya bisa dilakukan oleh wartawan yang memiliki kompetensi. Untuk mengukur kompetansi wartawan itulah melalui UKW.

    Ia mengatakan, baik buruknya media bergantung pada kualitas wartawannya. Wartawan yang sudah kompeten akan menjalankan fungsinya sesuai perundang-undangan yang berlaku, diantaranya memberikan informasi, edukasi, hiburan dan kontrol sosial. “UKW ini sangat penting untuk mengevaluasi kemampuan wartawan, mengukur standarisasi wartawan, meningkatkan kualitas wartawan, meningkatkan jenjang karir wartawan,” jelasnya.

    Uu berharap, dengan UKW mampu mencetak wartawan kompeten yang mampu memberikan informasi yang mencerdaskan masyarakat, bukan menyesatkan masyarakat. Wartawan yang mampu memerangi hoaks, bukan menciptakan hoaks. Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat mengatakan, pihaknya berterima kasih pada Diskominfo Jabar yang telah mewujudkan misi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menargetkan 1.000 wartawan di Jabar jadi wartawan berkompeten. 

    Menurut Hilman, UKW merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas wartawan. Pasalnya Jabar memiliki penduduk yang banyak atau berpopulasi padat yang simetris dengan pertumbuhan media massanya juga.  “Media banyak, kalau wartawan atau konten kreatornya tidak terkualifikasi baik bagaimana dengan beritanya? Kami ingin jurnalis memenuhi masuk kaidah jurnalistik di Indonesia,” pungkasnya.(*)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +