-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jelang Pilkada Serentak, KPU Kota Bogor Buka Perekrutan Pantarlih

    Indate News
    15/06/24, Juni 15, 2024 WIB Last Updated 2024-06-15T04:23:22Z


    indate.net-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor resmi membuka perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) jelang Pilkada 2024. Tahapan untuk memastikan validitas data pemilih, demi terselenggaranya Pilkada yang jujur, adil, dan transparan.


    Dimana Kata Ketua Ketua KPU Kota Bogor, Muhammad Habibi Zaenal Arifin,  bahwa perekrutan Pantarlih merupakan salah satu tahapan penting dalam persiapan Pilkada 2024.


    “Pantarlih akan bertugas melakukan verifikasi dan validasi data pemilih di setiap TPS yang telah ditentukan oleh KPU Kota Bogor,” kata Habibi kepada wartawan , Jumat 14 Juni 2024.


    Untuk itu Habibi mengajak masyarakat yang memenuhi kualifikasi agar berpartisipasi dalam proses demokrasi ini dengan menjadi bagian dari tim Pantarlih.


    Habibi menjelaskan, yang mana sebaran TPS di Kota Bogor ada 1516 TPS termasuk plus satu TPS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).


    “Jumlah Pantarlih sesuai peraturan, jika dalam satu TPS melebihi 400 pemilih, maka jumlah Pantarlih akan menjadi dua. Kami dipastikan akan merekrut sebanyak 2.999 Pantarlih se-Kota Bogor. Mereka akan bertugas dari 24 Juni hingga 24 Juli 2025,” terangnya.


    Adapun pengumuman rekrutmen calon Pantarlih berlangsung dari 13 hingga 17 Juni, sedangkan penerimaan pendaftaran dibuka dari 13 hingga 19 Juni. 


    Untuk mekanismenya kata Habibi, para pendaftar itu mendaftar tidak ke KPU tetapi mendaftar di Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing-masing wilayah 


    "Jadi mereka daftar di kelurahan untuk aplikasi Siakba mereka akan di bantu oleh PPS," katanya 


    Lebih lanjut Habibi mengatakan, Pantarlih adalah bagian dari penyelenggara, dan ia menekankan pentingnya netralitas, sehingga mereka tidak boleh terafiliasi dengan partai politik atau bakal pasangan calon manapun.


    “Kami akan mengantisipasi sedini mungkin kecurangan-kecurangan yang akan terjadi pada Pilkada mendatang,” pungkasnya. (Ian)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +