-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Capai 96 Persen, Pedagang Pasar Bogor Pindah Bertahap ke Pasar Jambu Dua

    Indate News
    01/08/24, Agustus 01, 2024 WIB Last Updated 2024-08-01T11:53:58Z


    indate.net-Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari meminta Perumda Pasar Pakuan Jaya untuk segera merampungkan pembangunan Pasar Jambu Dua. 


    Tersisa sekitar empat persen lagi yang belum selesai, ini merupakan Blok C yang diperuntukkan untuk pedagang buah dan daging giling. Sementara untuk pembangunan Blok A dan Blok B yang diperuntukkan untuk pedagang basah eksisting pasar Jambu Dua dan pasar Bogor sudah selesai.


    Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya, Jenal Abidin mengatakan bahwa progres pembangunan sudah mencapai 96 persen. 


    "Masih ada sisa empat persen yang harus dibangun PT Bogor Artha Makmur (BAM) yakni Blok C yang sekarang sedang proses persiapan untuk membangun. Untuk yang Blok A dan B sudah selesai semua," ujar Jaenal di kantor Perumda Pasar Pakuan Jaya, Rabu (31/7/2024). 


    Jaenal menambahkan, pembangunan Pasar Jambu Dua tidak bisa dipisahkan dari rencana proses revitalisasi Pasar Bogor. Pasalnya, pedagang basah di Pasar Bogor akan dipindahkan ke Pasar Jambu Dua, sementara untuk pedagang keringnya seperti fashion akan pindah ke Pasar Sukasari.


    "Revitalisasi Pasar Bogor akan kami mulai setelah Pasar Jambu Dua dan Pasar Sukasari

    selesai, karena kita tidak membuat tempat penampungan sementara untuk pedagang Pasar Bogor," jelas dia.


    Ia menerangkan, saat ini sekitar 300 pedagang eksisting Pasar Jambu Dua sudah pindah dari tempat penampungan sementara ke dalam pasar. Sementara untuk pemindahan pedagang Pasar Bogor akan dilakukan bertahap. Tercatat ada 150 pedagang Pasar Bogor yang sudah mendaftar atau booking di Pasar Jambu Dua.


    "Untuk pedagang-pedagang dari Pasar Bogor yang sudah booking, kami mengimbau untuk segera masuk atau pindah ke Pasar Jambu Dua," tegas dia.


    Sementara itu terpisah, Direktur Utama PT BAM, MH Ages mengatakan, Pasar Jambu Dua sudah siap menampung pedagang eksisting Pasar Jambu Dua dan Pasar Bogor. Total jumlah kios dan los yang ada di Pasar Jambu Dua sebanyak 1.140 kios dan los untuk pedagang basah, seperti sayur-sayuran, daging, buah-buahan, sembako, daging giling, ayam, bumbu giling dan lainnya.


    "Pasar Jambu Dua ini sentral pedagang basah dari eksisting Pasar Jambu Dua dan Pasar Bogor. Saat ini bangunan blok A dan B sudah 100 persen jadi," ucap Ages ditemui di kantor PT BAM, Jambu Dua. 


    Ia menuturkan, 150 pedagang Pasar Bogor yang sudah mendaftar ke Pasar Jambu Dua sempat menyampaikan keinginannya untuk pindah serentak berbarengan dengan semua pedagang di Pasar Bogor. Namun ia meyakinkan pedagang yang sudah mendaftar untuk segera mengisi los atau kiosnya. 


    "Sebenarnya yang di Pasar Bogor sudah habis masa Hak Guna Bangunannya, jadi memang harus pindah semua ke Pasar Jambu Dua. Kami menampung aspirasi pedagang yang ada di Bogor ini sesuai dengan perintahnya Wali Kota dan Perumda Pasar Pakuan Jaya," jelas dia.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +