-->
  • Jelajahi

    Copyright © IndateNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ribuan Orang Ikuti Kirab Merah Putih Sepanjang 200 Meter di Kota Bogor

    Indate News
    18/08/24, Agustus 18, 2024 WIB Last Updated 2024-08-18T10:16:15Z


    indate.net-Bendera merah putih raksasa sepanjang 200 meter diarak sejauh 3,5 kilometer di jalan utama Kota Bogor yang dipegang oleh berbagai elemen mulai dari TNI-Polri hingga pelajar pada Minggu 18 Agustus 2024.


    Arak-arakan dimulai dari Tugu Kujang melewati Jalan Otista, Ir Juanda hingga Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) di Jalan Sudirman, Kota Bogor. Sepanjang jalan, festival kirab merah putih juga diisi dengan penampilan marching band dari TNI-Polri hingga pelajar.


    "Hari ini bagian dari festival merah putih ke-9 ya, sepanjang bulan Agustus festival merah putih digelar di Kota Bogor. Ini adalah kirab merah putih sepanjang 200 meter, yang diusung oleh seluruh stakeholder di Kota Bogor termasuk TNI, Polri dan masyarakat," kata Pj Wali Kota Bogor Herry Antasari kepada awak media.


    Kirab Merah Putih merupakan rangkaian HUT RI ke-79 yang diharapkan semakin menumbuhkan kebersamaan dan nasionalisme. 


    "Festival merah putih ini diinisiasi oleh masyarakat, teman-teman Bogor Sahabat. Kita di pemerintah, TNI dan Polri sangat mendukung, karena ini positif sekali ya, dalam rangka, selain memeriahkan HUT RI, juga menumbuhkan kebersamaan, nasionalisme, dan saya kira ini satu-satunya di Indonesia yang concern pada kegiatan seperti ini," tutur Herry.


    Herry menyebut lebih dari 3.000 orang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

    "Kalau yang terlibat tentunya banyak ya, dari Bogor Sahabat saja ada 2.000 (orang), belum gabungan dari TNI-Polri, Pemkot Bogor antara 500-1.000 (personel). Saya kira cukup banyak yang terlibat hari ini ya," ucapnya.


    Ribuan warga antusias berpartisipasi dalam arak-arakan bendera merah putih sepanjang 200 meter tersebut. Tampak ada dua kain bendera yang diarak dalam kirab merah putih Kota Bogor 2024. Masing-masing bendera memiliki panjang 100 meter.


    Salah seorang penonton Iksan warga Kecamatan Bogor Tengah, ia sangat takjub dengan melihat pertunjukan barongsai, pasukan bermotor dari Brimob, Paskibraka Kota Bogor, komunitas veteran. Warga yang antusias berjejer di pinggir jalan sambil berteriak menyambut iring-iringan kirab merah putih.


    "Kami sekeluarga datang sejak pagi di Jalan Sudirman ini, dari sebelum mulai, udah nungguin di sini. Anak-anak ngajakin dari semalam, pengen lihat bendera panjang sama barongsai, katanya. Makanya udah sibuk dari pagi dia," kata iksan.


    "Seru juga, jadi lebih berasa tujuh belasannya, mudah-mudahan setiap tahun tetep ada ya," ucap Rahma istri dari Iksan.


    Kegiatan ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Arus lalu lintas yang sempat ditutup selama arak-arakan berlangsung, kini sudah dibuka kembali. (*/Ian)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kabupaten Bogor

    +